Ide Bisnis

21 Ide Bisnis Anak Kuliahan dengan Potensi Penghasilan Puluhan Juta

21 Ide Bisnis Anak Kuliahan dengan Potensi Penghasilan Puluhan Juta Cuan Bisnis Online
0 Shares

Kuliah atau Kerja? Terkadang banyak para pemuda pemudi yang bingung akan apa yang akan mereka kerjakan setelah menyelesaikan bangku SMA/SMK ataupun Pendidikan sederajat lainnya. Padahal, kamu sebenarnya bisa memilih keduanya daripada harus bingung memilih salah satu diantara ingin kuliah atau bekerja.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa ide bisnis anak kuliahan yang dapat kamu jadikan referensi sebagai bisnis yang bisa kamu ambil disaat kamu sedang masa menggapai gelar Sarjana.

21 Ide Bisnis Anak Kuliahan dengan Potensi Penghasilan Puluhan Juta

Ide – ide berikut yang akan kami sampaikan ini tidak hanya mengenai tentang bisnis offline, namun ide – ide yang akan kami berikan merupakan ide – ide yang telah terbukti menghasilkan, entah itu bisnis online maupun bisnis offline.

Sebelum kita lanjutkan, kami ingatkan bahwa jika anda ingin menjalankan bisnis yang ada di sini, Anda harus mengerjakan dengan sungguh – sungguh hingga target yang Anda punyai tercapai! Jangan mudah berpindah – pindah bisnis jika Anda sedang merintis sebuah bisnis!

Verifikasi ulang lagi Ide – ide berikut dengan riset pasar terlebih dahulu. Karena pada dasarnya ide bisnis di suatu tempat dan tempat yang lain memiliki keadaan yang berbeda. Pastikan juga Anda memikirkan tentang modal dan resiko dalam berbisnis sebelum terjun untuk menekuni Bisnis apapun.

 

Berikut ini merupakan 21 Ide Bisnis Anak Kuliahan dengan Potensi Penghasilan Puluhan Juta :

 

1. Online Shop

Bisnis Online Shop - Ide bisnis anak kuliahan
Bisnis Online Shop – Ide bisnis anak kuliahan

Bisnis Online Shop merupakan salah satu ide bisnis yang cocok untuk bisnis anak kuliahan. Sebab, dengan waktu yang fleksibel, Anda bisa mengerjakan bisnis ini dengan membagi waktu kamu dengan jadwal kuliah yang telah ada.

Karena yang dibutuhkan dalam bisnis online shop hanyalah gadget, kuota internet dan barang yang akan dijual, tentu bukanlah masalah yang besar bagi anak kuliahan. Bahkan, dengan berbagai macam platform yang ada saat ini, dapat memudahkan Anda untuk berjualan secara online.

Apabila kamu terkendala masalah produk yang akan di jual, atau bingung dengan cara produksi barang, packing dan lain – lain. Kamu bisa mencoba dengan cara menjadi dropshipper terlebih dahulu. Selain minim modal, dropshipper juga tidak perlu mengurus masalah packing, mengirim paket dan menyetok barang.

Jika kamu ingin berbisnis online shop dengan metode dropship, Kami sarankan kamu untuk mempelajari tentang sosial media marketing atau marketplace marketing. Supaya kamu akan lebih mudah dalam menjual barang yang kamu tawarkan.

 

2. Fotografer

Jasa fotografer untuk ide bisnis anak kuliahan
Jasa fotografer untuk ide bisnis anak kuliahan

Ide kedua untuk bisnis anak kuliahan adalah fotografer. Bagi kamu yang suka dengan fotografi dan bisa membuat visual yang menonjol dari hasil foto kamu, Ide ini bisa kamu terapkan untuk mencari penghasilan tambahan saat kamu masih berada di bangku kuliah.

Namun, sebelum kamu memulai memasarkan jasa fotografer, mulailah dengan mempelajari tentang dasar – dasar fotografi supaya foto kamu terlihat menarik di mata client dan mata customer.

Setelah mempelajari dasar – dasarnya, mulailah dengan membuat portofolio yang ditujukan untuk menarik client, supaya mereka bisa melihat, bagaimana hasil yang akan mereka terima jika si client merekrut kamu sebagai fotografernya.

Setelah kamu punya portofilio yang mumpuni, cobalah untuk bergabung di grup yang relevan dengan jenis fotografi yang kamu kuasai. Lakukan pendekatan kepada calon client kamu, kemudian tawarkan jasa fotografi yang telah kamu asah ke calon client mu.

 

3. Desain Grafis

Desain grafis - 21 ide bisnis anak kuliahan
Desain grafis – salah satu dari 21 ide bisnis anak kuliahan

Desain grafis juga merupakan salah satu dari 21 ide bisnis anak kuliahan yang bisa kamu terapkan. Walaupun desain grafis sering dianggap remeh di kalangan umum, Namun jangan salah! Jika kamu merupakan desainer grafis yang professional, tidak sulit untuk mendapatkan puluhan juta dalam sebulan, dengan menjadi seorang desainer grafis.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia desain grafis, namun kamu tidak sekolah ataupun kuliah di jurusan tersebut, Tenang saja! Akhir – akhir ini sudah banyak kursus online baik yang gratis ataupun yang berbayar untuk menunjang pengetahuan kamu, supaya dapat menjadi desainer grafis yang professional.

Dalam dunia desain grafis, pasti para desainer grafis harus memakai tools yang digunakan untuk mendesain hasil karya mereka. Bagi kamu yang sudah memiliki modal yang cukup, kamu bisa menggunakan software berbayar seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDraw dan lain sebagainya. Namun, bagi kamu yang belum punya modal yang banyak, kamu bisa menggunakan software gratisan yang tersedia di internet seperti Photopea, Inkscape, GIMP dan lainnya.

Jangan lupa untuk memposting karya kamu di website portfolio online seperti behance.net, pinterest.com, dribbble.com, dan lain sebagainya supaya calon client – client kamu dapat melihat hasil kerja kamu dan akhirnya tertarik untuk bekerja sama dengan kamu.

 

4. Penulis Artikel

Penulis Freelancer - Ide bisnis anak kuliahan nomor 4
Penulis Freelancer – Ide bisnis anak kuliahan nomor 4

Sebagai anak kuliahan, tentunya kamu sudah biasa untuk menulis kan? Jika kamu sudah terbiasa menulis dan tulisan kamu itu bisa dengan mudah dipahami oleh para pembaca kamu, kamu harus coba ide bisnis anak kuliahan yang satu ini.

Selain hanya bermodal Smartphone dan Kuota Internet, penulis artikel akan menguntungkan bagi para anak kuliahan, karena jika ditambah dengan skill jago bahasa inggris, Skill kamu ini bisa dapat menciptakan cuan yang berkali – kali lipat dari yang kamu bayangkan.

Ide yang satu ini wajib kamu coba jika kamu hobi menulis dan ingin mendapatkan tambahan uang jajan. Tidak ada salahnya mencoba bukan?. Seperti pepatah “Sembari menyelam minum air” iya kan?

 

5. Videografer

Videografer - ide bisnis anak kuliahan ke 5
Videografer – ide bisnis anak kuliahan ke 5

Berbeda dengan ide nomor 3, ide bisnis anak kuliahan nomer 5 ini fokus untuk menciptakan sebuah hasil visual yang bergerak atau biasa disebut dengan istilah video. Memang videografer dan fotografer biasanya tergabung dalam satu profesi yang sama.

Namun, karena menurut kami pada dasar – dasar videografi dan teknik – teknik yang digunakan dalam proses pembuatan visual juga berbeda, alangkah baiknya juga kita bedakan 2 profesi ini.

Dalam dunia videografer tidak hanya sebatas tools seperti kamera digital atau kamera mirorless saja yang perlu dipersiapkan. Namun masih ada banyak lagi yang lainnya, ide yang satu ini cocok bagi kamu yang sudah memiliki kamera yang cukup untuk kebutuhan videografi.

Tapi jangan salah, range penghasilan per proyek dari videografer juga sangat variatif, mulai dari 500 ribu hingga 5 jutaan per proyek. Menarik bukan?

 

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing - tips bisnis anak kuliahan
Affiliate marketing – ide bisnis anak kuliahan

Apa itu affiliate marketing? Simpelnya affiliate marketing itu adalah makelar. Jadi, kamu akan dibayar jika kamu berhasil mendatangkan penjualan untuk produk yang kamu tawarkan.

Ide ini merupakan ide yang cocok untuk bisnis anak kuliahan. Karena ada juga beberapa vendor yang memperbolehkan para affiliate marketernya untuk memasarkan produk mereka tanpa membelinya terlebih dahulu.

Di dalam affiliate marketing ini, kami sarankan kamu untuk fokus memasarkan produk dari vendor. Bagi kamu yang memiliki komunitas ataupun grup yang relevan dalam satu niche, bisa coba kamu tawarkan ke mereka. Misalnya kamu dan teman – temanmu menyukai bisnis online shop, kamu bisa mencari ecourse tentang mendatangkan 10 Juta pertama dari Marketplace Shopee ataupun facebook.

Jika ada yang tertarik dengan ecourse yang kamu tawarkan, kemudian membeli ecourse tersebut, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang telah disebutkan oleh vendor produk ecourse tersebut.

 

7. Influencer Marketing

Influencer Marketing - ide bisnis anak kuliahan
Influencer Marketing – ide bisnis anak kuliahan

Kami yakin kamu tahu dengan yang namanya Influencer. Mereka mempunyai follower yang sangat banyak sehingga mereka membuka jasa endorsement ke para pemilik bisnis untuk meningkatkan brand awareness mereka atau untuk meningkatkan penjualannya.

Ide ke tujuh ini cocok untuk bisnis anak kuliahan, karena beberapa tahun ini tidak sedikit para remaja SMA sederajat memiliki follower yang sangat banyak di akun sosial mereka.

Perlu diperhatikan, tidak selalu menjadi influencer itu harus cantik ataupun tampan, jika kamu memiliki skill yang unik yang bisa kamu share sehingga dapat memberikan pengaruh ke masyarakat pun bisa kamu jadikan modal untuk menjadi influencer.

Di Bisnis Influencer Marketing ini biasanya dibayar sesuai dengan jumlah follower yang kamu miliki dan seberapa besar pengaruhnya di masyarakat. Kamu bisa dibayar mulai dari 50 ribuan hingga puluhan juta dalam sekali posting.

Jika kamu tertarik dalam bisnis ini, mulailah dengan menggali potensi dalam diri kamu, dan share skill kamu tersebut di media sosial seperti Instagram, Youtube, ataupun Tiktok.

 

 8. Illustrator

Illustrator - ide bisnis anak kuliahan no 8
Illustrator – ide bisnis anak kuliahan no 8

Ide selanjutnya adalah menjadi Illustrator. Illustrator memang masih dalam kategori desain grafis. Namun, kami jadikan ke dalam poin tersendiri karena menurut kami illustrator berbeda dengan jenis desain grafis yang lain seperti membuat logo, membuat flyer, banner dan lain lain.

Menjadi Illustrator berbeda dengan menjadi seniman, jika tidak semua orang bisa menjadi seniman, lain halnya dengan menjadi illustrator. Illustrator dalam bahasa yang simpel dapat dijelaskan sebagai seorang yang menyampaikan pesan lewat visual yang ia buat.

Modal yang harus dipersiapkan seorang illustrator pun tidak terlalu banyak, jika kamu sudah ahli menggambar, kamu hanya perlu belajar untuk memvisualisasikannya ke dalam format svg. Hanya dengan modal Smartphone dan kuota internet pun kamu dapat menjadi seorang illustrator. Mudah bukan ide bisnis anak kuliahan nomor ini?

Jika kamu ingin menjadi seorang illustrator, kami sarankan kamu supaya mempelajari ilustrasi yang sedang trending pada tahun ini, kemudian buatlah beberapa contoh ilustrasi hasil buatan kamu sendiri. Alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki ciri khas tersendiri dari ilustrasi yang kamu buat supaya calon client kamu mengerti bahwa itu merupakan ciri khas kamu.

Potensi penghasilan yang kamu bisa dapatkan dari ide bisnis satu ini mulai dari $10 per ilustrasi yang kamu buat, hingga 15 juta didalam satu bulan, tergantung skill yang kamu miliki, dan bagaimana kamu memasarkan skill yang kamu punya.

 

9. Apps Developer

21 Ide Bisnis Anak Kuliahan dengan Potensi Penghasilan Puluhan Juta Cuan Bisnis Online

Menjadi developer memang tidak bisa dilalui hanya dengan belajar bahasa pemrograman dalam sehari semalam. Namun, kenapa apps developer dimasukkan ke dalam list ide bisnis anak kuliahan?. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Apps Developer memang memerlukan skill coding bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Namun, tergantung aplikasi seperti apa yang akan kamu buat. Karena sudah banyak website untuk membuat app baik untuk android maupun untuk iphone. Website – website tersebut dapat membantu kamu membuat aplikasi hanya dengan drag and drop saja.

Jika kamu ingin menjadi apps developer, kami sarankan kamu untuk meriset app apa yang sedang diminati oleh user, kemudian buatlah aplikasi yang hampir sama. Tapi buatlah dengan melengkapi fitur yang telah ada dari aplikasi sebelumnya.

Dalam apps developer ini, kamu bisa mendapat tambahan penghasilan jika kamu menautkan akun admob kamu dengan aplikasi yang kamu upload di google play store ataupun app store. Penghasilan yang di dapat dari admob bervariasi per bulannya, mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulan.

 

10. Jasa Landing Page

Opsi kali ini merupakan opsi yang mudah dikerjakan untuk bisnis anak kuliahan. Karena para pebisnis terkadang sangat sibuk mengurusi bisnis mereka, sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk membuat sebuah halaman di suatu website untuk menunjukkan katalog produk yang mereka jual untuk memperlihatkannya kepada customer.

Bisnis yang satu ini tergolong hanya bermodal smartphone dan internet saja untuk menjalankannya. Namun, walaupun bisnis ini kelihatan seperti sangat mudah dikerjakan, tapi jangan sampai kalian menjual jasa kalian hanya dengan sebatas harga 50 ribuan kebawah.

Karena selain kalian akan sulit untuk menaikkan harga di kemudian harinya, kalian juga merusak harga pasaran dari jasa pembuatan landing page. Oh iya, sebenarnya yang kami maksud dari poin kali ini hampir seperti membuat bio link yang biasa dipasang di Instagram ataupun Tiktok.

 

11. Partner Ojek Online

Poin ke 11 ini maksudnya adalah menjual makanan ataupun masakan via Ojek Online. Pada masa pandemi di tahun 2020 dan 2021 ini banyak orang yang takut untuk keluar rumah karena menjaga diri mereka dari virus corona.

Bagi kamu mahasiswa atau mahasiswi, ini adalah ide bisnis anak kuliahan yang bisa kamu manfaatkan momennya. Karena banyak orang yang takut untuk keluar rumah, coba kamu gunakan kesempatan ini untuk menjual masakan andalan kamu via ojek online.

Karena proses pendaftarannya juga tidak terlalu rumit, peluang ini bisa kamu gunakan untuk menguji seberapa puas para customer yang suka dengan masakan kamu. Tentu saja kamu harus memberikan masakan terbaik kamu untuk para pelanggan yang mau order masakanmu.

Kami sarankan untuk kamu supaya fokus di satu sampai tiga menu terlebih dulu untuk tes pasar. Tentunya jika promo dan cara marketing kamu tepat sesuai dengan calon customer kamu, Pasti kamu akan segera kebanjiran orderan.

 

12. Les Privat

Karena di 2 tahun terakhir ini mayoritas sekolah menerapkan sistem belajar secara online. Ini adalah sebuah masalah bagi para orang tua yang tidak dapat mengajari anaknya tentang pelajaran sekolah anak mereka.

Untuk kamu para mahasiswa mahasiswi, ini adalah sebuah tantangan. Jika kamu bisa mengambil momen ini untuk membuka Les Privat untuk anak – anak mereka, kamu akan memiliki penghasilan tambahan yang lumayan.

Ide bisnis anak kuliahan ini tergolong akan mudah bagi para mahasiswa mahasiswi karena jika pelajaran SMP dan SD yang mereka targetkan, tentu akan mudah dalam menjelaskan pelajaran mereka. Kamu akan terbantu mendapat murid privat dengan mudah jika kamu memiliki nilai akademis yang memuaskan.

 

13. Shoes Cleaning

Kaum Milennial telah memperhatikan sneakers dengan harga yang sudah lumayan tinggi. Namun, itu merupakan salah satu jalan di buka nya berbagai kesempatan bisnis untuk para mahasiswa.

Salah satu bisnis yang bisa di buka dari maraknya beredar sepatu sneakers adalah dengan membuka jasa shoes cleaning. Dengan modal yang tidak terlalu banyak, Anda sudah bisa membuka sebuah bisnis anak kuliahan di masa pandemi ini.

Namun, sebelum memulai bisnis ini. Kami sarankan untuk belajar dulu bagaimana cara membersihkan sepatu sneakers dan sepatu model lainnya supaya kamu dapat dengan mudah menentukan alat apa saja yang diperlukan untuk membersihkannya.

 

14. Translater

Tentu bagi kamu para mahasiswa tidak asing dengan istilah Translater. Ya, ini adalah bisnis untuk menterjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang lain. Bisnis yang satu ini cocok bagi kamu yang suka belajar tentang bahasa asing.

Modal yang perlu kamu sediakan sebagai translater tentunya adalah kamu harus ahli dalam menterjemahkan bahasa satu ke bahasa yang lain dan skill komunikasi. Tentu ini tidak bisa diselesaikan dalam semalam.

Namun, kamu tidak perlu 100% fasih dalam mempelajari bahasa mereka, minimal skill yang harus kamu kuasai adalah bahasa percakapan. Dalam bisnis anak kuliahan nomor 14 ini bisa kamu manfaatkan sebagai travel guide, menerjemahkan artikel, menerjemahkan podcast dan lain lain.

 

15. Modelling Desain 3D

Kenapa modelling desain 3D dimasukan ke dalam list ide bisnis anak kuliahan? Karena bagi para mahasiswa mahasiswi yang telah mengambil jurusan yang berhubungan dengan 3D tentu tidak asing dengan yang namanya modelling.

Modelling disini maksudnya adalah proses menciptakan karya 3D  yang ingin dituangkan dalam bentuk visual, baik secara fisik maupun secara digital. 3D Modelling ini biasanya digunakan untuk membuat produk, karakter hingga arsitektur dalam format digital.

Yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan marketing, presentasi ataupun kebutuhan bisnis lainnya. Ide bisnis satu ini tergolong di level menengah karena alat yang digunakan juga lumayan mahal dan perlu latihan yang tidak sebentar untuk mencapai tingkat professional.

Namun, jika kamu bisa menguasai poin ini. Kamu bisa menggunakan hasil dari bisnis kamu ini untuk membiayai kuliahmu, bahkan untuk menunjang hidup kamu setelah kamu selesai dari kuliah.

 

16. Blogger

Tidak bisa dipungkiri bahwa blogger merupakan ide bisnis anak kuliahan yang selanjutnya. Karena dengan memiliki blog, kamu bisa menghasilkan uang per bulannya. Namun, terkadang banyak yang menyepelekan seorang blogger.

Jangan Salah, jika kamu ingin menjadi seorang blogger, kamu secara tidak langsung juga belajar tentang memahami orang – orang lewat tulisan yang kamu buat. Seorang blogger juga dapat memiliki pekerjaan yang kekinian dengan pengalaman yang kamu dapatkan.

Potensi penghasilannya pun bisa sangat variatif. Namun, jika kamu ingin penghasilan yang lebih, kamu bisa membuat blog berbahasa inggris untuk kamu jadikan sebagai blog utama kamu. Tapi, tentunya kamu harus pandai dulu tentang grammar dan lainnya ya.

 

17. Youtuber

Ide bisnis anak kuliahan selanjutnya adalah menjadi youtuber. Berbeda dengan pilihan nomor 5, menjadi youtuber tidaklah wajib memahami dasar – dasar videografer dan lain lain. Menjadi youtuber tidak mengharuskan kamu membuat vlog tentang kehidupan kamu.

Terlebih bagi kamu yang hidupnya mungkin merasa biasa – biasa saja. Menjadi youtuber merupakan impian generasi milennial sejak para youtuber memamerkan hasil income per bulan mereka. Mulai dari puluhan juta, hingga ratusan juta bahkan milyaran dapat dicapai dalam satu bulan vlog mereka.

Kami ingatkan sekali lagi, menjadi youtuber tidak harus tentang vlog keseharian kamu. Banyak youtuber yang reupload karya dengan memberikan nilai yang lebih dari video sebelumnya kemudian mereka bagikan ke youtube. Ada juga yang mereview suatu barang, merakit sebuah komputer, unboxing mystery box, dan lain – lain.

Saran dari kami, untuk kamu yang suka ide bisnis anak kuliahan nomor 17 ini adalah coba lihatlah channel – channel di youtube yang membuat kamu tertarik, kumpulkan sebanyak 5 hingga 10 channel. Kemudian ambil inti dari video mereka, dan buatlah video versi kamu sendiri.

 

18. Voice Over Artist

Teruntuk kalian yang memiliki bakat dibidang suara. Ide bisnis anak kuliahan ini mungkin akan cocok untuk kalian jalani. Ya, menjadi Voice Over Artist, atau simpelnya biasa disebut pengisi suara.

Voice over artist biasa di bayar per project. Harga yang dipatok biasanya merupakan harga per menit atau harga per kata. Untuk memulai bisnis ini biasanya para voice over artist pemula membuat portofolio seperti menerangkan sesuatu supaya klien paham dengan suara yang mereka miliki.

 

19. Jasa Convert Artikel ke Video

Ide bisnis anak kuliahan yang satu ini mungkin seperti baru. Namun, apakah akan ada yang order jika ide bisnis kali ini seperti tidak familiar di kalangan umum? Apakah ide bisnis ini dapat menghasilkan uang jika dikerjakan?

Berdasarkan data realtime yang kami dapatkan. Kami simpulkan peluang ini masih bisa Anda kerjakan di tahun ini. Coba saja Anda lihat channel youtube Satu Persen, itu merupakan beberapa video contoh yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis ini.

Atau jika Anda ingin melihat berapakah presentase bisnis ini kedepannya, Anda bisa mengecek situs freelance seperti fiverr untuk mengetahui apakah masih ada yang order ataukan tidak.

Saran dari kami, jika Anda ingin memulai bisnis ini, cobalah untuk membuat beberapa video portofolio hasil karya Anda untuk di perlihatkan ke klien. Usahakan video demi video akan semakin meningkat kualitasnya, supaya calon klien kamu merasa bahwa kamu lah yang cocok sebagai orang yang mengeksekusi pekerjaan mereka.

 

20. Ekspor

Kamu tahu ekspor? Ya, mengirim suatu barang dari negara Indonesia ke Negara Lain. Ide ini bisa menjadi bisnis Anak Kuliahan yang menghasilkan cuan hingga ratusan juta rupiah jika kamu berhasil mengekspor satu kontainer.

Ide ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki kenalan UMKM Lokal yang mereka memiliki produk tapi kurang canggih dalam memasarkan produk mereka sendiri. Jika kamu bisa bekerja sama dengan mereka. Kami yakin kamu akan meraih penghasilan yang sangat banyak yang bisa kamu manfaatkan sesuai keinginanmu.

Jika kamu ingin mendalami bisnis ini, kami sarankan kamu untuk mempelajari tentang riset pasar mengenai barang apa yang ingin kamu ekspor, kemudian belajar lah mengenai barang tersebut, supaya kamu tidak mudah tertipu dengan calon customer yang nakal.

 

21. Wedding Organizer

Ide terakhir untuk bisnis anak kuliahan adalah menjadi seorang wedding organizer. Bisnis ini pas untuk kamu yang memiliki sifat kepemimpinan dan manajemen keuangan yang lihai.

Bisnis ini tentunya akan sangat laku di kalangan mahasiswa mahasiswi, khususnya di kalangan mahasiswi. Biasanya di akhir – akhir semester menjelang wisuda, banyak para mahasiswi yang bingung dengan tugas akhir ataupun skripsi mereka, kemudian malah ada yang melamar mereka. Dan karena mereka bingung dengan apa saja yang harus dipersiapkan, akhirnya mereka memilih untuk menyewa seorang wedding organizer.

Ini merupakan sebuah peluang bagi kamu untuk masuk menawarkan jasa wedding organizer kepada rekan – rekan kamu.  Cobalah untuk menanyakan kebutuhan mereka dan berapa budget yang mereka miliki.

Jika kamu sudah tahu budget dan kebutuhan mereka, sekarang giliran kamu untuk mencarikan solusi dari masalah yang mereka miliki.

 

Dari 21 ide bisnis anak kuliahan diatas, kebanyakan ide yang ada di artikel ini dapat di bantu dengan menggunakan marketing media sosial hingga website pribadi. Bagi kalian yang belum memiliki cukup dana untuk membuat website, alangkah baiknya untuk menggunakan sosial media terlebih dahulu.

Namun, bagi kalian yang memiliki dana yang lebih, bisa kalian gunakan untuk membuat website sendiri maupun menyewa seseorang untuk membuatkan website kalian. Supaya kalian lebih dikenal dan branding dari bisnis kalian juga semakin melekat.

Demikian itulah artikel mengenai 21 Ide Bisnis Anak Kuliahan, kami ingatkan sekali lagi, jika kalian sedang dalam tahap merintis. Cobalah untuk fokus di satu bidang terlebih dahulu sampai berhasil. Jika kuliah sambil berbisnis saja bisa, kenapa harus memilih salah satu diantaranya? Iya kan? Salam Cuan.

0 Shares

Comment here